Ide Model Plafon Bernuansa Minimalis Desain Plafon Kamar Tidur
Ide Model Plafon Bernuansa Minimalis Desain Plafon Kamar Tidur
Desain Plafon Kamar Tidur merupakan salah satu bagian dari proyek desain sebuah rumah tinggal. Sayangnya kita sering mengabaikan model dan desainnya, terutama untuk desain plafon kamar tidur. Baik itu plafon kamar tidur utama buat ayah dan bunda, serta desain plafon kamar tidur buat anak-anak dan kamar tamu, serta kamar lain yang ada di rumah. Padahal jika kita renungkan sejenak, kualitas tidur yang nyaman akan membuat segala aktifitas kita di rumah maupun diluar rumah akan lebih berjalan baik. Dan ternyata, model desain kamar tidur bisa berefek pada kualitas tidur para penghuninya. Apa iya begitu? 


Mari kita ulas bersama disini bagaimana mendesain plafon untuk kamar tidur kita agar terlihat nyaman dipandang, terasa kehangatannya, dan tidur bisa lebih pulas.

Bedanya Tipe Dan Corak Plafon Minimalis dengan yang Lain

plafon kmar tidur


Berdasar dari beberapa pandangan desain interior dan para pemasang plafon, mereka kebanyakan merekomendasikan kalau desain model plafon untuk kamar tidur adalah yang bernuansa minimalis. Arti dari minimalis disini adalah model plafon lebih simpel, lurus dengan corak yang tidak ramai. 


Adapun untuk bahan plafon, kita bisa memilih berbahan gypsum, atau bisa juga PVC (Poly Vinyl Chloride). Jika kita mengambil plafon berbahan gypsum, maka carilah warna putih polos sederhana dengan sentuhan ukiran macam potongan kue kotak di bagian tepinya. Bisa mengambil plafon gypsum yang berukir seperti gelombang kecil di bagian sudut-sudutnya, dan ada tambahan lingkaran berukuran sedang untuk peletakan lampu utama.


Kemudian, jika kita mengambil bahan PVC, maka kita bisa mengambil model kayu berwarna cokelat muda keputihan, model garis lurus atau model cekung dengan warna yang lebih kalem, teduh, dan terang. 

Nah untuk mendesain model plafon bernuansa minimalis ini, ada 3 hal utama yang harus kita perhatikan, yakni seperti:

1. Kita harus menentukan dulu tema  kamar tidur minimalis seperti apa yang diinginkan untuk kamar tidur pribadi kita. Dengan begitu, secara visual nantinya kamar tidur kita akan terasa lebih menarik dan indah seperti yang kita harapkan. Juga akan terasa nyaman buat yang berada didalamnya.



Misal: berhubung luas kamar tidurnya luas, kita ingin mengambil tema minimalis dengan sentuhan warna pastel tosca dan putih dengan beberapa barang yang biasa diletakkan di kamar tidur, dari tempat tidur, TV, meja tunggal, lemari hias, dan lampu tempel. Susunan letak barang-barang tersebut harus diatur sedemikian rupa guna mengisi ruangan kamar tidur. Dari sana nanti model plafon akan mengikuti agar tampak keserasian antara tata letak berbagai barang di ruangan itu dengan desain plafonnya;


2. Tema minimalis dalam kamar tidur juga akan terasa dengan tampilan warna kamar tidur yang lebih kalem dan meneduhkan. Maka sebaiknya memilih warna-warna pastel, macam pink muda, putih, krem muda, dan biru muda. Dengan begitu, dampak pemilihan warna kalem itu membuat kita yang sudah lelah seharian beraktivitas akan merasa tenang, ingin segera tidur, dan berusaha melupakan hal-hal kurang menyenangkan yang terjadi hari itu.


Misal: buat kamar tidur anak perempuan, kita bisa memilih tema minimalis kombinasi putih dan peach. Warna cat bisa mengambil warna peach, dan plafon berwarna putih dengan model yang lebih lurus dan tidak perlu ada corak agar tidak kelihatan heboh. Ini karena biasanya kamar anak sudah memiliki banyak barang, dari meja belajar, mainan, komputer, lemari mainan dan lemari baju, juga barang lainnya. Penataan barang dibuat sedemikian rupa dan model plafon yang sederhana akan membuat kamar anak akan terasa luas, nyaman, dan enak berlama-lama didalamnya;


3. Jangan lupa ketinggian plafon yang paling ideal adalah kisaran 2,5 hingga 3 meter. Jangan terlalu tinggi mengingat posisi kita tidur melihat ke atas bisa jadi akan membayangkan hal-hal yang kurang bagus. Misal kita merasa takut kejatuhan lampu, atau merasa sedang berada di ruangan basement yang jauh dari ruangan lain. Jadi ambil ketinggian plafon yang cukup agar tidur juga berasa lebih hangat dan nyaman.  


Inspirasi Desain Plafon Kamar Tidur Estetik


Model Plafon kamar Tidur Kecil

inpirasi desain plafon


Untuk Desain Plafon Kamar Tidur yang tampak estetik, kita bisa mengambil inspirasi dari banyak sumber. Misal kita terinspirasi dari gaya plafon yang berada di hotel tempat kita pernah menginap, atau apartemen seorang kawan. Bisa juga inspirasi model plafon diambil dari media sosial yang mengkhususkan tentang desain interior, atau kita juga bisa langsung berkonsultasi dengan tim desain interior yang terkeren dan para pembuat plafon.


Jika kita mengambil inspirasi dari media sosial atau model plafon yang pernah kita lihat di suatu tempat, maka kita harus pastikan apakah model plafon itu bisa sesuai untuk kamar tidur yang ada di rumah kita sendiri. Kalaupun mengambil inspirasi, bisa jadi tidak semua diambil penuh. Ambil saja bagian yang pas dengan nuansa kamar tidur rumah kita, kemudian konsultasikan kepada tim desain interior yang kita tunjuk, atau jasa pembuat plafon tentang keinginan kita tersebut, apakah bisa diterapkan di rumah.


Terpenting, jadikan plafon itu menyesuaikan budget kita, bernuansa minimalis, dan harus tampak estetik agar kenyamanan tidur seluruh anggota keluarga terjamin di setiap kamar tidurnya masing-masing.

  

Aneka Model Plafon Gypsum Dan PVC

gypsum plafon


Penggunaan plafon PVC sebelumnya lebih banyak digunakan di hotel, apartemen, perkantoran, dan vila mewah. Ini karena motif dan tekstur plafon berbahan PVC ini sangat beragam, dan ada kesan elegan dan menarik. Hingga sekarang banyak rumah-rumah mewah, dan rumah yang memperhatikan desainnya juga menggunakan plafon berbahan dasar PVC.


Selain motif dan teksturnya yang beragam, bahan PVC pada plafon tidak mudah terbakar dan mudah merembes air. Jadi ada baiknya menggunakan plafon berbahan dasar PVC untuk plafon di kamar tidur kita.


Untuk desainnya yang bernuansa minimalis, kita bisa mengambil model plafon waffle, model bulat bertingkat, atau permainan warna kayu seperti gradasi, dari agak gelap hingga cokelat keputihan. Tambahkan penataan lampu yang tersembunyi di dalam plafon akan lebih menarik. Gunakan warna lampu dari putih teduh hingga ada yang kuning hangat. Tetap pastikan corak plafon yang tidak ramai, tetap ambil warna polos atau pastel.


Sedangkan untuk plafon berbahan gypsum, sepertinya warna putih akan lebih bernuansa minimalis. Pilih ukiran gypsum yang tidak terlalu banyak, cukup di bagian tepinya, atau ukiran di setiap sudut, dan tambahan lingkaran di bagian tengah juga bisa. Pastikan atap rumah dalam kondisi baik dan tidak bocor Hal ini mengingat bahan gypsum mudah menyerap air, dan bisa rusak dibuatnya jika berada dalam ruangan yang lembab. Jika dibiarkan, kerobohan plafon gypsum bisa saja terjadi. Jadi ada baiknya memantau kondisi areal rumah guna kenyamanan seisi anggota keluarga di dalamnya.


Demikian ulasan mengenai betapa pentingnya memperhatikan Desain Plafon Kamar Tidur guna meningkatkan kualitas tidur kita yang lebih baik. Seperti rekomendasi dari sejumlah desain interior dan pembuat plafon, maka ada baiknya memilih model plafon bernuansa minimalis, yakni pemilihan gaya sederhana, corak cenderung polos dengan warna yang kalem. Termasuk ketinggian plafon yang tidak sampai diatas 3 meter.  


Dengan begitu, semoga mimpi kita bisa lebih menyenangkan disaat kita tidur di tempat yang hangat dan nyaman.


About Novus 

Ciptakan Hunian Impian Bersama Novus Interior Konsultasikan inspirasi hunian impianmu yang sesuai dengan kebutuhan dan wujudkan bersama kami Novus Interior. Kamu bisa mewujudkan hunian impian yang sesuai dengan budget. Kami akan mengatur budgeting dengan hasil interior yang memukau dengan memiliki nilai estetika dan nilai fungsi didalamnya. Keunggulan Novus dalam penelitian, pengalaman, dan desain memberdayakan kami untuk mewujudkan inovasi dan memberikan solusi terbaik, menciptakan fleksibilitas, dan memaksimalkan jangka panjang.