10 Desain Kamar Tidur Minimalis Di Apartemen!
10 Desain Kamar Tidur Minimalis Di Apartemen!

 

Tinggal di apartemen sekarang sudah jadi suatu gaya hidup, apalagi untuk profesional-profesional muda yang memang mencari hunian berlokasi strategis, eksklusif, serta berfasilitas lengkap.  Salah satu aspek ruang yang penting di dalam apartemen yakni kamar tidur. Selain difungsikan sebagai tempat untuk mengistirahatkan tubuh, tidak jarang kamar tidur dimanfaatkan untuk menjadi tempat kerja apalagi di masa pandemi di mana banyak sektor kantor yang melakukan kerja dari rumah atau Work From Home. 

 

Menciptakan desain kamar tidur yang senyaman mungkin adalah hal utama supaya semakin betah di apartemen. Nah, bagi Anda yang sedang cari rekomendasi desain kamar tidur minimalis yang estetik, Anda jangan sampai melewatkan pembahasan berikut ini.   

 

Inspirasi Kamar Tidur Minimalis Di Apartemen

kamar tidur apartemen

 

Berikut ini ada beberapa inspirasi desain kamar tidur apartemen:

 

1. Padukan Dengan Warna Pastel Lembut

kamar tidur warna pastel

 

Desain kamar tidur ini sangat tepat untuk Anda yang suka dengan warna skema palet muda serta cerah yakni warna pastel, seperti biru langit, pink pastel, ataupun hijau muda. Letakkan perabotan rotan seperti hiasan dinding, keranjang, meja dan kursi untuk dukung nuansa kamar jadi lebih estetik dan instagrammable. Anda bisa meletakkan kaca panjang pada sudut ruang agar kamar terasa luas. 

 

2. Minimalis Modern Ala Scandinavian

kamar tidur scandinavian

 

Scandinavian adalah salah satu gaya interior kekinian yang padukan skema warna-warna kalem seperti putih, abu-abu, dan coklat muda menonjolkan kesan yang alami. Jika ingin terapkan gaya scandinavian di desain kamar tidur, pilihlah furniture kayu, tanaman hijau, dan juga pajangan berwarna putih sehingga bangkitkan kesan sederhana tapi luas. Sangat tepat dipakai di kamar tidur untuk berikan kesan modern tapi simple dan pastinya menawan. 

 

3. Serba Hijau

kamar tidur warna hijau

 

Nuansa yang serba hijau hasilkan  kesegaran pada kamar tidur. Warna hijau pada dinding, furniture, dan perabotan kamar tidur membuat Anda semakin nyaman dan rileks. Salah satu gradasi berwarna hijau yang cocok adalah sage green karena memiliki image cerah serta dinamis. Agar semakin segar, letakkan tanaman di pot-pot kecil pada sudut-sudut kamar ataupun pada rak gantung. Pastikan Anda rutin untuk buka gorden jendela kamar supaya tanaman-tanaman tersebut tercukupi kebutuhan sinar mataharinya. 

 

4. Desain Kamar Tidur Industrial

kamar tidur industrial

 

Konsep industrial cocok dipilih. Desain industrial identik dengan perpaduan warna hitam, abu-abu dan lengkap dengan pemakaian tembok bata, material kayu, dan juga lampu gantung logam dengan bentuk bulat untuk tampakkan kesan seperti tidak selesai. Desain ini lekat akan unsur sekat yang minim sehingga kamar tidur akan terasa lebih luas. 

 

5. All White

kamar tidur all white

 

Pemakaian warna serba putih baik di furniture, warna dinding sampai perabotan. Putih adalah warna netral sehingga tak tonjolkan kesan yang mencolok, cenderung timbulkan kesan yang hangat, berikan kesan luas dan juga cocok jika ingin dipadukan dengan warna lainnya. 

 

6. Desain Japandi

desain kamar tidur japandi

 

Walaupun kamar apartemen ini menyatu dengan ruangan yang lain tanpa sekat, tapi penempatan yang pas akan membuat Anda bisa leluasa melakukan aktivitas yang banyak. Penerapan desain kamar tidur minimalis ini efektif sekali berikan kesan maskulin yang estetik sekali.  Dilengkapi perabotan multifungsi dan beberapa aksen kayu berhasil berikan kesan yang mewah, pembagian zona di ruangan juga dibuat cermat. Dengan begitu, Anda dapat melakukan banyak kegiatan dengan nyaman di satu ruangan, mulai dari bekerja, menonton TV, sampai memasak. 

 

7. Desain Bergaya Maskulin

desain kamar tidur cowo

 

Jika Anda perlukan ide kamar apartemen lain yang mengusung nuansa maskulin, maka desain ini pas untuk dipilih. Mengusung perpaduan warna hitam dan putih diadukan aksen kayu seperti pada desain Japandi, kamar apartemen ini pun tampil mewah sekali lewat pencahayaan yang diatur dengan sedemikian rupa dan penempatan beberapa dekorasi mewah, contohnya lampu gantung. 

 

8. Tiny Cozy

kamar tidur minimalis

 

Didominasi pemakaian cat dinding dengan warna soft, inspirasi desain ini siap berikan kenyamanan yang maksimal walaupun ukurannya minimalis. Lewat adanya perpaduan perabotan multifungsi dan juga lantai kayu efektif berikan kesan yang mewah, Anda pun dapat tempatkan berbagai macam dekorasi seperti pot dan vas bunga, mesh board, bingkai foto, pengharum ruangan, ataupun aneka lampu unik supaya ruangan terlihat lebih hidup serta menyenangkan. 

 

9. Cozy Warm White

kamar tidur warm white

 

Walaupun kamar apartemen cukup sempit, tapi Anda tetap bisa dapatkan semua fungsi sesuai dengan kebutuhan. Contoh pengaplikasiannya dengan memanfaatkan jendela kaca dengan ukuran besar untuk lancarkan sirkulasi cahaya alami serta udara yang efektif membuat kamar apartemen jadi lebih space-saving.  Dinding didominasi warna putih sehingga terkesan luas, ada juga sentuhan unsur kayu di sejumlah perabotan multifungsi sehingga terkesan nyaman dan hangat untuk beristirahat.

 

Kamar Dengan Tempat Tidur Multifungsi

kamar tidur multifungsi

 

Selain terapkan warna terang dan juga manfaatkan bukaan jendela dengan ukuran besar, pemakaian furniture juga sangat mempengaruhi tampilan dari kamar. Anda bisa siasati kamar apartemen minimalis dengan furniture multifungsi seperti tempat tidur lipat.  Jadi, ketika Anda tak memakainya, Anda dapat melipat tempat tidur sehingga ruangan kamar tetap space-saving dan dapat dimanfaatkan untuk fungsi yang lainnya. Anda pun bisa memakai tempat tidur multifungsi yang dilengkapi rak serta laci pada tiap sisinya.  

 

Apa Perbedaan Desain Rumah vs Apartemen?

desain interior apartemen

 

Pemilihan desain rumah minimalis sebenarnya tak berbeda dengan desain di apartemen. Perbedaan dari keduanya hanya ada pada luas tanah. Pihak pengembang apartemen biasanya hanya sediakan ruang kosong tanpa ada furniture sehingga penataan ruangannya tergantung dari pemilik apartemen. Banyak contoh desain interior yang dapat menjadi acuan dalam menata ruang kosong apartemen agar jadi tempat tinggal nyaman.    

 

Bagaimana Cara Mendesain Kamar Yang Sempit?

desain kamar sempit

 

Jika Anda ingin mendesain kamar minimalis atau sempit, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut:

 

- Posisikan tempat tidur serta perabotan pada pinggir kamar.

- Pakai ranjang rendah.

- Pilihlah sprei bermotif polos.

- Pakai warna cerah di kamar tidur.

- Mengatur pencahayaan di kamar. Tempatkan jendela ataupun simpan lampu tepat  di ruangan. 

- Pakai rak gantung atau Floating Shelves. 

- Simpan cermin yang berukuran besar. 

- Pilih furniture yang tak memenuhi ruangan. 

- Buat tempat penyimpanan sendiri. 

- Manfaatkan dinding kamar. 

Apa Saja Dekorasi Kamar Estetik?

dekorasi kamar estetik

 

Ada cukup banyak dekorasi kamar yang bisa membuat tampilan menjadi estetik.  Berikut ini beberapa dekorasi kamar estetik:

3

Hiasan Peta Dunia

Peta dunia tidak hanya untuk para pecinta geografi. Anda pun bisa memakainya untuk buat kamar Anda jadi lebih estetik dengan menempelnya pada dinding ataupun meja belajar Anda. Apalagi untuk pecinta traveling, Anda bisa tandai berbagai macam negara yang sudah Anda kunjungi. 

Desain tanpa judul

Foto-Foto Polaroid

Sering simpan foto-foto polaroid? Anda bisa memakainya untuk menghias kamar. Anda bisa memajang foto polaroid pada dinding kamar Anda untuk membuatnya jadi lebih estetik, sekaligus membuat Anda mengingat orang-orang yang spesial di hidup. Selain itu, Anda pun bisa pasang foto polaroid ini dengan cara menjepitnya pada gridwall ataupun lampu tumblr. 

polaroid kamar tidur

Lampu Tumblr

 

Pastinya Anda sudah tak asing lagi dengan lampu tumblr, bukan? Lampu ini bisa membuat kamar Anda jauh lebih estetik. Anda bisa memasangnya pada dinding kamar Anda ataupun jika Anda mempunyai cermin berdiri dan rak gantung, lampu tumblr bisa menghiasi. 

kain tapestry kamar tidur

Pakai Kain Tapestry

Kain bermotif unik nyatanya pun bisa Anda pakai untuk buat kamar Anda lebih estetik. Anda bisa memilih kain bermotif mandala ataupun tema lain yang diinginkan. Pasang kain di dinding kamar Anda dan buat kamar Anda estetik dan nyaman.

 

Nah, demikian pembahasan di artikel ini tentang desain kamar tidur minimalis untuk apartemen yang bisa Anda coba terapkan. Semoga bermanfaat. 

About Novus Interior

Ciptakan Hunian Impian Bersama Novus Interior Konsultasikan inspirasi hunian impianmu yang sesuai dengan kebutuhan dan wujudkan bersama kami Novus Interior. Kamu bisa mewujudkan hunian impian yang sesuai dengan budget. Kami akan mengatur budgeting dengan hasil interior yang memukau dengan memiliki nilai estetika dan nilai fungsi didalamnya. Keunggulan Novus dalam penelitian, pengalaman, dan desain memberdayakan kami untuk mewujudkan inovasi dan memberikan solusi terbaik, menciptakan fleksibilitas, dan memaksimalkan jangka panjang.